Gitstraining

3D Animation

Kursus 3D Animation

Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik. Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.

Program pelatihan 3D Animation ini dirancang untuk memberikan bekal terkait pipeline pembuatan animasi 3D yang meliputi pre-production, production, dan post-production. Oleh karena itu dalam proses produksinya, terdapat beberapa divisi yang disesuaikan dengan tahap-tahap pembuatannya Pembagian divisi ini dilakukan agar setiap proses pembuatan 3D animasi dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu, terdapat pula materi pendekatan teknologi 4.0 yang menekankan pada kebutuhan tiap divisi agar bisa menghubungkan setiap proses secara terstruktur. Dengan demikian, melalui pembelajaran 3D Design ini diharapkan akan ada lebih banyak SDM Indonesia yang mengerti dan mampu berinovasi di bidang produksi konten animasi.

Dalam program Studi Independen ini, PT GIT Solution  memberikan jaminan mutu bagi para peserta dalam 5 (lima) aspek, yakni:

  1. Education: pembelajaran berbasis industri digital dengan kurikulum prototype
  2. Professional Service: pelayanan profesional dari tenaga ahli, PIC dan mentor
  3. Innovation: spirit berinovasi dalam mengembangkan riset teknologi digital
  4. Collaboration: spirit berkolaborasi untuk menciptakan sebuah karya berbasis teknologi digital
  5. Competitiveness: pembentukan SDM berdaya saing internasional dengan peningkatan pengetahuan dan kapabilitas untuk dunia kerja industri digital
1. Basic 3D & Introduction Blender

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta mampu menjelaskan dasar-dasar UI dan navigasi pada software 3D yang digunakan; membuat layout pada shot 3D; menjelaskan tools dasar dalam modeling 3D; menjelaskan tools dasar dalam menganimasikan objek 3D, serta menggunakannya.

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dasar-dasar UI dan navigasi pada software 3D yang digunakan; membuat layout pada shot 3D; menjelaskan tools dasar dalam modeling 3D; menjelaskan tools dasar dalam menganimasikan objek 3D, serta menggunakannya.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta ]mampu mengetahui basic blender workspace untuk pengaplikasian pembuatan objek 3D

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari basic blender workspace untuk pengaplikasian pembuatan objek 3D.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu untuk menguasai basic modelling tools  untuk pembuatan sebuah objek 3D

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan diharapkan mampu menguasai basic modelling tools  untuk pembuatan sebuah objek 3D.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu menguasai basic modelling tools dan fitur khusus modifiers yang bisa diterapkan pada objek sehingga memudahkan proses pembuatan atau animasi 3D.

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari basic modelling tools dan fitur khusus modifiers yang bisa diterapkan pada objek sehingga memudahkan proses pembuatan atau animasi 3D.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu menguasai dasar modelling review.

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan diharapkan menguasai dasar modelling review.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu menguasai basic texturing dari sebuah pembuatan objek 3D

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari basic texturing dari sebuah pembuatan objek 3D

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu menguasai PBR Textures dalam pembuatan objek 3D

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan diharapkan mampu menguasai PBR Textures dalam pembuatan objek 3D.

 

 

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan menguasai Basic Lighting & Rendering dalam pembuatan objek 3D

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan diharapkan menguasai Basic Lighting & Rendering dalam pembuatan objek 3D.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill                                       

Peserta diharapkan mampu menguasai character modelling demo dalam proses pembuatan objek 3D

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan diharapkan mampu menguasai character modelling demo dalam proses pembuatan objek 3D.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis,

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu menguasai dasar dalam modelling demo dan menjelaskan secara jelas dalam memaparkan hasil pembuatan objek 3D.

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan diharapkan mampu menguasai dasar dalam modelling demo dan menjelaskan secara jelas dalam memaparkan hasil pembuatan objek 3D.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu menguasai dasar animation pada objek 3D

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta  akan mempelajari dan diharapkan mampu menguasai dasar animation pada objek 3D.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Sasaran Pengembangan Skill

Peserta diharapkan mampu menjelaskan dengan jelas dan dapat dipahami dalam final & presentation project.

Detil Pembelajaran

Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari mengenai communication skill dan diharapkan mampu menjelaskan dengan jelas dan dapat dipahami dalam final & presentation project.

Metode Asesmen

Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.

Siap untuk perubahan yang besar?

Daftar sekarang dan mulailah belajar dengan para ahli kami. Tekan ‘Hubungi Kami’!

Scroll to Top