Android Developer
Banyaknya pengguna android membuat kebutuhan akan seorang Android Developer juga meningkat. Hampir semua orang menggunakan sistem operasi ini untuk melakukan berbagai hal seperti berkomunikasi, melakukan pekerjaan, mencari informasi dan perkembangan berita terbaru, dan berbagai aktivitas lainnya. Untuk itu, dibutuhkan seorang Android Developer yang memiliki keahlian untuk mengembangkan aplikasi berbasis android.
Dalam program Studi Independen ini, PT GIT Solution memberikan jaminan mutu bagi para peserta dalam 5 (lima) aspek, yakni:
- Education: pembelajaran berbasis industri digital dengan kurikulum prototype
- Professional Service: pelayanan profesional dari tenaga ahli, PIC dan mentor
- Innovation: spirit berinovasi dalam mengembangkan riset teknologi digital
- Collaboration: spirit berkolaborasi untuk menciptakan sebuah karya berbasis teknologi digital
- Competitiveness: pembentukan SDM berdaya saing internasional dengan peningkatan pengetahuan dan kapabilitas untuk dunia kerja industri digital
1. Instalasi Android Studio
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta mampu memahami mengenai dasar instalasi android studio, mengerti cara instal dan memahami dasar mengenai android studio yang akan digunakan untuk pengembangan android.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari mengenai dasar instalasi android studio, mengerti cara instal dan memahami dasar mengenai android studio yang akan digunakan untuk pengembangan android.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
2. Pengenalan Mobile Programming dan Lifecycle di Android
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta mampu memahami pengertian dan dasar-dasar mobile programming dan siklus hidup sebuah aplikasi mobile.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari pengertian dan dasar-dasar mobile programming dan siklus hidup sebuah aplikasi mobile.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
3. Kotlin
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar bahasa pemrograman Kotlin.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan mengimplementasikan dasar-dasar bahasa pemrograman Kotlin.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
4. Desain Layout
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta mampu memahami dan Mengimplementasikan desain layout aplikasi mobile pada XML
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan Mengimplementasikan desain layout aplikasi mobile pada XML
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
5. Widget, RecyclerView, Activity, dan Fragment
Sasaran Pengembangan Skill
Memahami dan mengimplementasikan penggunaan widget, recyclerview, activity dan fragment pada aplikasi mobile
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan mengimplementasikan penggunaan widget, recyclerview, activity dan fragment pada aplikasi mobile.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
6. Variable, Data Type, Action in Activity
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu menguasai basic texturing dari sebuah pembuatan objek 3D
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari basic texturing dari sebuah pembuatan objek 3D
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
7. Passing Data dan Navigation
Sasaran Pengembangan Skill
Memahami dan mengimplementasikan passing data dan navigasi pada sebuah activity/fragment
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan mengimplementasikan passing data dan navigasi pada sebuah activity/fragment.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
8. Jetpack dan MVVM Architecture
Sasaran Pengembangan Skill
Memahami Jetpack Library serta arsitektur MVVM pada pengembangan aplikasi mobile
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari Jetpack Library serta arsitektur MVVM pada pengembangan aplikasi mobile.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
9. Git (Version Control)
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu menguasai character modelling demo dalam proses pembuatan objek 3D
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan diharapkan mampu menguasai character modelling demo dalam proses pembuatan objek 3D.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
10. Firebase dan CRUD di Firebas
Sasaran Pengembangan Skill
Memahami dan mengimplementasikan CRUD pada Firebase Database
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari Memahami dan mengimplementasikan CRUD pada Firebase Database.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
11. Konsumsi Rest API
Sasaran Pengembangan Skill
Memahami dan mengimplementasikan konsumsi Rest API pada aplikasi mobile
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari dan mengimplementasikan konsumsi Rest API pada aplikasi mobile
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
12. Presentasi Mini Proyek
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu menjelaskan dengan jelas dan dapat dipahami dalam final & presentation project.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta. Peserta akan mempelajari mengenai communication skill dan diharapkan mampu menjelaskan dengan jelas dan dapat dipahami dalam final & presentation project.
Metode Asesmen
Penilaian dilakukan terhadap pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai whimsical & figma tools, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class.
Siap untuk perubahan yang besar?
Daftar sekarang dan mulailah belajar dengan para ahli kami. Tekan ‘Hubungi Kami’!