Project Manager
Project management adalah salah satu metode yang digunakan dalam mengelola suatu proyek agar bisa berjalan secara efisien dan efektif. Sehingga dalam penanganan sebuah project sangat diperlukan seorang Project Manager, hal ini akan menimbulkan mudahnya akses informasi, fleksibel, memberi kemudahan bagi tim untuk berdiskusi, hingga fokus pada kolaborasi.
Dalam program Studi Independen ini, PT Git Solution memberikan jaminan mutu bagi para peserta dalam 5 (lima) aspek, yakni:
- Education: pembelajaran berbasis industri digital dengan kurikulum prototype
- Professional Service: pelayanan profesional dari tenaga ahli, PIC dan mentor
- Innovation: spirit berinovasi dalam mengembangkan riset teknologi digital
- Collaboration: spirit berkolaborasi untuk menciptakan sebuah karya berbasis teknologi digital
- Competitiveness: pembentukan SDM berdaya saing internasional dengan peningkatan pengetahuan dan kapabilitas untuk dunia kerja industri digital
1. Fundamental Perancangan Software
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu untuk mempelajari dan memahami fundamental perancangan software seperti disiplin manajerial dan teknis yang berkaitan dengan pembuatan dan pemeliharaan produk software secara sistematis, termasuk pengembangan dan modifikasinya, yang dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan mempertimbangkan faktor biaya.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
2. Pengenalan perancangan software dan SDLC
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu memahami perancangan software dan Systems Development Life Cycle (SDLC) untuk pengembangan sistem, mengetahui model Systems Development Life Cycle (SDLC), hingga tahap-tahapnya seperti rencana (planning), analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance).
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
3. Pengenalan metode pengembangan agile, waterfall, kanban dan scrum
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan dapat memahami dan mengetahui mengenai metode pengembangan sistem seperti agile, waterfall, kanban dan scrum dalam memudahkan untuk memanajemen sebuah project pengembangan software.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
4. Memahami prinsip dan value scrum
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu memahami dan mempelajari prinsip dan value yang dimiliki kerangka kerja untuk menyelesaikan pekerjaan di dalam agile berupa SCRUM untuk meningkatkan keefektifan dalam tim pengembangan software.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
5. Memahami roles dan events scrum (priority, point)
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu memahami roles dan event SCRUM seperti priority dan poin dalam setiap pengembangan software.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
6. Pengenalan Tool PM dan burndown chart, Ganttchartt
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu memahami dan mempelajari tools yang digunakan oleh seorang Project Manager seperti burndown chart, Ganttchartt.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
7. Pengenalan analisis PIECES dan UAT
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu memahami dan mempelajari mengenai PIECES dan UAT di dalam manajemen pengembangan software.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
8. Pengenalan dokumen SRS dan rekayasa kebutuhan
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu memahami dan mempelajari dokumen SRS dan rekayasa kebutuhan dalam pengembangan software.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
9. Pengenalan UML dan usecase diagram
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu dalam mempelajari UML dan usecae diagram untuk memudahkan dalam manajerial tim pengembangan software.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
10. Pengenalan UML activity diagram dan sequence diagram
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu mempelajari dan memahami mengenai UML activity diagram dan sequence diagram secara general ataupun spesifik.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
11. Brief mini project dokumen SRS dan test pengetahuan scrum
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta diharapkan mampu mempelajari dan memahami isi brief dalam tugas mini project untuk menguji kemampuan setelah menerima beberapa kelas mengenai manajemen pengembangan software.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
12. Presentasi SRS, gantt chart
Sasaran Pengembangan Skill
Peserta mampu menyampaikan hasil mini project yang diberikan dengan bahasa yang jelas dan dapat dipahami dengan baik oleh audiens.
Detil Pembelajaran
Peserta mengikuti 50% pembelajaran asynchronous (mempelajari materi yang disediakan secara mandiri dengan memanfaatkan modul ajar dan bahan ajar) dan 50% pembelajaran synchronous (penyampaian materi oleh pengajar melalui online meeting). Materi diberikan secara online menurut struktur silabus yang telah disusun. Proses pembelajaran difasilitasi menggunakan LMS (learning management system) berupa: materi PPT dan tutorial, pemberian tugas yang berkaitan dengan basic animasi untuk memenuhi kompetensi peserta, dan evaluasi hasil tugas peserta.
Metode Asesmen
Penilaian mentor dan fasilitator melalui sesi mentorship, tugas individu (kuis, studi kasus, progres LMS), proyek tim, keaktifan peserta pada kelas sinkronus/ live class
Siap untuk perubahan yang besar?
Daftar sekarang dan mulailah belajar dengan para ahli kami. Tekan ‘Hubungi Kami’!